Skip to main content

NOW TALKING | CARA MELAWAN EFEK POLUSI UNTUK KULIT

 

Bukan hanya mengganggu saluran pernapasan, ternyata polusi udara juga memengaruhi kesehatan kulitmu loh, #BLPFam! Yuk bahas cara mengatasinya bareng Minzie 

Siapa yang belakangan ini merasa kulitnya lebih bertekstur, kusam, dehidrasi, atau bahkan tiba-tiba berjerawat? Sejak bulan Juni lalu, kota-kota besar di Indonesia mulai mengalami penurunan kualitas udara. Tak heran, beberapa dari kita pasti merasakan perubahan yang terjadi pada kulit akibat kualitas udara yang memburuk. Waktunya untuk tahu lebih lanjut akibat dan solusi untuk mengatasi efek buruk polusi udara bagi kulit kita!

POLUSI UDARA

Polusi udara adalah kumpulan partikel mikroskopis seperti debu, asap kendaraan bermotor, dan zat-zat kimia berbahaya yang terbawa oleh angin. Partikel kecil yang masuk ke dalam kulit bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori. Semakin kecil ukuran partikelnya, semakin berbahaya pula karena bisa masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam dan merusak skin barrier.

Berdasarkan hasil studi tentang Polusi Udara dan Permasalahan terhadap Kulit, inilah 3 dari 6 dampak polusi udara terhadap kulit yang paling banyak dialami:

  1. Penuaan dini: Polusi yang masuk ke dalam lapisan kulit dapat menghambat produksi kolagen dan elastin yang membuat kulit kehilangan kekenyalannya.
  2. Iritasi kulit: Untuk pemilik kulit sensitif, polusi udara juga bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, atau bahkan mengeluarkan reaksi alergi tertentu seperti gatal.
  3. Jerawat dan flek hitam: Karena terjadi penyumbatan terhadap pori-pori, jerawat dan flek hitam juga dapat muncul lebih banyak.

SOLUSI UNTUK KULITMU

Polusi udara memang tidak bisa dihindari, tapi kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengurangi dampak polusi bagi kulitmu.

Gunakan skincare yang menghidrasi seperti Tremella Daily Hydrating Series untuk merawat skin barrier dan selalu lakukan double cleansing setelah bepergian.

Selain melindungi kulit dari paparan sinar UV, SPF juga bisa meminimalisir efek buruk polusi terhadap kulitmu loh, #BLPFam! Sedangkan eksfoliasi 2-3 kali seminggu bisa membantu kamu membersihkan pori-pori dari kotoran yang menumpuk.

Terakhir, pilih makeup yang ringan dan non-comedogenic sehingga aman untuk kamu gunakan seharian! Pro tip: semprot Makeup Seal & Lock biar makeup-mu tahan lama dan siap menerjang polusi udara.

Dapatkan produk buat menangkal efek polusi di kulitmu: