Skip to main content

#BLPFAM | SKIN JOURNEY OF A LUPUS FIGHTER, EIDI PUTRI


Memiliki kulit kering dan sensitif akibat penyakit Lupus yang dideritanya, #BLPFam Eidi Putri akhirnya menemukan resep skincare terbaik setelah melewati perjalanan yang panjang

Apakah kamu masih kesulitan untuk menemukan skincare routine yang tepat, #BLPFam? Atau bahkan  kamu juga masih berusaha untuk merasa nyaman dengan kondisi kulitmu?

Di sini #BLPFam Eidi Putri menceritakan lika-liku perjalanannya menemukan skincare routine yang tepat. Siapa tahu bisa jadi inspirasimu!

Hi Eidi! Boleh ceritakan tentang kondisi kulitmu?
Jenis kulitku dari kecil sampai dengan tahun 2014 normal to dry. Setelah aku menderita penyakit Lupus (autoimun), kulitku jadi dry dan dehydrated, namun sangat berminyak di area T-zone. Kulitku juga lebih sensitif, terutama saat terpapar matahari; kulit mukaku ruam dan perih terbakar. 

Karena kondisiku, kulitku juga jadi terlihat kusam dan sering mengalami breakout. Aku juga memiliki hyperpigmentation akibat kelalaian aku tidak pakai SPF sejak remaja dan karena efek obat dokter yang lumayan keras.


Pernahkah kamu merasa insecure?
Very insecure, apalagi sejak pakai hijab di 2019-an karena merasa mukaku jadi pusat perhatian. Ditambah lagi mama sering menyuruh aku untuk makeup agar gak malu sama teman-teman. 

Dulu aku selalu menutupi flaws-ku dengan foundation full coverage. Namun akhirnya aku sadar pentingnya memperhatikan kesehatan kulit dan ingredients makeup.


Bagaimana akhirnya kamu “berdamai” dengan kondisi kulitmu?
Seiring berjalannya waktu, aku mulai lebih memperhatikan kondisi kulit. Yang tadinya aku pikir cuma gak cocok sama suatu produk karena selalu berujung breakout, aku mulai melihat ingredients pada produk tersebut. 

Aku pun sadar bahwa kondisi kulit akan berubah-ubah mengikuti kondisi tubuh. There’s nothing I can do other than accepting and adjusting my skincare routine based on what my skin really needs. Jadi, sekarang aku lebih investasi ke skincare.

Joining the beauty community also helps a lot. Mendengarkan dan sharing dengan orang lain bikin aku sadar “Buat apa depresi? Stress will only worsen my skin.” 


Skincare routine-mu seperti apa sekarang?
Sekarang aku menerapkan skin cycle, terutama soal selang-seling penggunaan serum dan waktu exfoliating biar lebih teratur dan konsisten. Untuk menghilangkan breakout, aku hanya pakai serum di area yang berjerawat, diikuti dengan masker yang calming keesokan harinya. Basic skincare yang hydrating jadi fokus utamaku, diikuti dengan brightening, acne, dan anti-aging.

Di kulitku yang sensitif, BLP Skin jadi rangkaian utama di rutinitasku. Favoritku Tremella Toner, Gel, dan Serum. Tekstur toner-nya seperti essence yang adem dan gak lengket. Moisturizer-nya pun adem di kulit dan teksturnya mirip gripping primer yang lebih ringan. Aku juga suka serum-nya karena cepat menyerap dan mengunci hidrasi di kulit!