Skip to main content

NOW TALKING | KENALAN SAMA TREMELLA FUCIFORMIS

Kulit yang terhidrasi dengan baik adalah kunci untuk mendapatkan kulit sehat. Nah, tahukah kalian kalau ada salah satu spesies jamur bernama Tremella fuciformis, yang juga dikenal sebagai snow mushroom atau jamur salju, jadi bahan andalan yang dapat meningkatkan dan mengunci kelembapan kulit. Tak cuma itu, ternyata Tremella fuciformis bisa bekerja lebih efektif dari Hyaluronic Acid karena partikelnya yang kecil mudah diserap oleh kulit. 

 

Penasaran dengan fakta lebih lanjut dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Tremella fuciformis ini? Simak langsung yuk, #BLPFam! 

 

Walaupun terdengar cukup asing, Tremella fuciformis merupakan jamur putih besar yang telah ada sejak pertengahan 1800-an dan ditemukan di Brazil oleh ahli mikologi Inggris, ilmuwan yang secara khusus mempelajari tentang jamur. Jamur ini juga dapat tumbuh di lingkungan tropis dan subtropis, seperti beberapa wilayah di Asia, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Australia, dan Kepulauan Pasifik, sehingga jamur ini tergolong sebagai bahan sustainable karena mudah dibudidayakan di berbagai tempat. Bahkan, jenis jamur ini bisa tumbuh secara alami di batang kayu keras. 

 

Selain itu, Tremella juga sudah digunakan oleh orang China kuno sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiatnya untuk perawatan kulit dan pencegahan penyakit. Mereka juga menggunakan Tremella sebagai bahan masakan.

 

Hasilnya, kulit terasa lebih lembap, bercahaya, kenyal, sampai mengurangi munculnya garis-garis kerutan dan tekstur pun lebih halus. 

 

Secara alami, Tremella juga kaya akan polisakarida, jenis antikosidan yang dapat berkontribusi pada efek anti-penuaan dan antioksidan karena kemampuannya untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. 

 

Sebuah studi di tahun 2018 menemukan bahwa polisakarida dari Tremella dapat menghambat perkembangan dan penyebaran peradangan dalam tubuh. Itu dia mengapa Tremella juga punya sifat anti-inflamasi yang baik untuk peradangan pada kulit. Dengan menggunakan Tremella secara rutin, kulit juga dapat perlahan nampak lebih baik karena Tremella dapat melindungi kulit dari kehilangan air dan kolagen dengan mengisi ruang di pori-pori sehingga kulit tampak halus dan lembut.

*HA dalam bentuk Sodium Hyaluronate