Skip to main content

5 FAKTA UNIK TENTANG KULIT YANG PERLU KAMU KETAHUI

Belajar lebih jauh tentang seberapa baik kamu merawat dan memahami kulitmu

Kulit adalah salah satu bagian organ yang memiliki peran besar dalam menjaga tubuh kita. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), setiap inci kulit kita terdiri dari 19 juta sel kulit, 650 kelenjar keringat, 20 pembuluh darah, dan 1.000 ujung saraf. 


Yuk, kenalan sama kulit yang menjadi teman terdekat kita, untuk hari-hari yang lebih percaya diri! Simak 5 fakta tentang kulit di bawah ini ya:


Tahu gak sih kalau kulit kering dan kulit dehidrasi adalah hal yang berbeda? Kulit kering biasanya disebabkan oleh kelenjar penghasil minyak yang lebih sedikit dalam tubuh, sedangkan kulit yang dehidrasi tidak selalu ditandai dengan tampilan yang pecah-pecah atau bersisik—melainkan ditandai dengan hilangnya ketahanan. Maka dari itu, mendapat hidrasi yang menyeluruh tidak hanya dari produk skincare, tetapi juga gaya hidup sehat. Coba untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari, makan buah yang mengandung banyak air, dan konsumsi makanan yang mengandung fatty acids, seperti salmon. 


Banyak orang yang mengira kalau kulit berminyak itu sama dengan kulit yang sudah terhidrasi. Faktanya, minyak kulit adalah zat lilin—atau biasa disebut sebum—yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous untuk membantu menjaga fungsi skin barrier. Sedangkan, hidrasi kulit adalah proses di mana air diserap ke dalam lapisan kulit—yang dikenal dengan epidermis—untuk mempertahankan kekenyalan, elastisitas, dan ketahanannya. Meski begitu, kulit yang berminyak belum tentu memiliki banyak air, loh. Jadi, kamu tetap membutuhkan pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu bisa mencoba pelembab dengan label ‘non-comedogenic’ untuk menghindari penyumbatan di pori-pori. 


Secara alamiah, lapisan epidermis yang mengandung sel-sel kulit mati akan mengalami regenerasi setiap 14 sampai 28 hari sekali. Sel-sel kulit ini akan melakukan regenerasi dengan cara membuang sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru. Bila kamu merawatnya dengan baik, sel kulit ini akan menghasilkan tekstur yang lebih halus. Itu mengapa ketika kamu mencoba skincare baru, disarankan untuk menunggu dulu hasilnya hingga 14 hari. Nggak cuma itu, kamu juga bisa membantu proses regenerasi kulit dengan rutin melakukan eksfoliasi. 


Buat #BLPFam yang belum tahu, kulit pria itu 25% lebih tebal dari kulit wanita, loh. Sayangnya, kulit pria akan semakin tipis seiring bertambahnya usia. Kondisi ini berbanding terbalik dengan kulit wanita yang lebih tipis, tetapi bisa menjaga ketebalan kulitnya hingga usia 40-an. Nah, setelah mengalami menopause, baru lah kulit wanita akan mulai menipis dengan sangat cepat. Gak cuma itu, hormon testosteron juga membuat kulit pria lebih berminyak daripada kulit wanita. Karena ini, produk skincare harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu ya!


Kalau kamu pernah merasakan munculnya jerawat saat lagi banyak kerjaan, bisa jadi stres adalah pemicunya. Stres bisa memicu peningkatan tinggi kortisol dan molekul inflamasi yang disebut sitokin dan menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan inflamasi yang juga memecah molekul kolagen di kulit. Agar terhindar dari kerusakan kulit yang tidak diinginkan, coba kelola level stres kamu, jalani pola hidup yang sehat dan teratur, serta menggunakan skincare secara rutin. 

Your Cart

Your cart is currently empty.
Click here to continue shopping.
Thanks for contacting us! We'll get back to you as soon as possible. Thanks for subscribing Thanks! We will notify you when it becomes available! The max number of items have already been added There is only one item left to add to the cart There are only [num_items] items left to add to the cart